Post : Muhammad Naim, SE.,M.Si.

Parepare, 01/08/2018. Inspektorat Kota Parepare melakukan Rapat Evaluasi Berkala Hasil Pemeriksaan Semester I  Tahun Anggaran 2018, bertempat di Pare Beach Hotel hari ini. Kegiatan yang dihadiri oleh 21 SKPD yang diwakili oleh masing-masing kasubag perogram. Melihat persentase hasil tindaklanjut rekomendasi 3 tahun terakhir selalu diatas 90%, hal ini menjadi capaian yang mengindikasikan adanya peningkatan kepatuhan terhadap penyelasaian tindaklanjut pemeriksaan.  
Capain tersebut merupakan prestasi tersendiri mengingat banyaknya kebaupaten /kota khususnya di Sulawesi Selatan penyelesaian tindaklanjut temuan hanya berkisar 80%. jika dilihat pada semester I tahun 2018 jumlah temuan sebanyak 96 dan 127 rekomendasi dengan nilai Rp. 51.904.980,-. sedangkan tindaklanjut rekomendasi sudah mencapai 45 dengan persentase 35%. Temuan atas rekomendasi Inspektorat pada lingkup kapatuhan peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi SKPD serta implementasi SPI. 
Laporan yang disampaikan oleh Nurhamid selaku sekretaris Tim Pemantau Tindaklanjut menjelaskan, setelah melaksanakan pertemuan rapat Evaluasi Berkala dengan SKPD, sudah banyak rekomendasi temuan yang sudah dilengkapi dengan bukti-bukti yang lengkap, sehingga pencapaian untuk semester I tahun 2018 sudah mencapai 50%, kita sangat optimis disemester ke II bisa mencapai 100% tegasnya. Kedepannya diharapkan selain meningkatkan kepatuhan, implemetasi SPI dan menurunnya jumlah temuan juga bisa diwujudkan.  

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *